Rabu, 11 Oktober 2017

                                          MAKALAH STRATEGI BELAJAR PEMBELAJARAN
                                                                  METODE CERAMAH                         

                                                                          BAB I
                                                               PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
             Agar tujuan dalam proses belajar mengajar dapat tercapai secara efektif dan efisien, keampuan seorang pendidik dalam menguasai materi saja tidaklah mencukupi. Disamping penguasaan materi, seorang pendidik juga harus memiliki kemampuan untuk mengelolah proses belajar mengajar dengan baik, yaitu melalui berbagai teknik atau metode penyampaian materi yang tepat dalam proses belajar mengajar sesuai dengan materi yang diajarkan dan kemampuan anak didik yang menerima materi.
Sebagaimana kita tahu, bahwa metode mengajar merupakan sasaran interaksi antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, yang perlu diperhatikan adalah ketepatan sebuah metode mengajar yang dipilih dengan tujuan, jenis dan sifat materi pelajaran, serta kemampuan guru dalam memahami dan melaksanakan metode tersebut. Guru hendaknya cermat dalam memilih dan menggunakan metode mengajar terutama yang banyak melibatkan siswa secara aktif.

B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Metode Ceramah?
2. Apa Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah?
3. Bagaimana penerapan langkah-langkah metode ceramah?


                                                                     BAB II
                                                          PEMBAHASAN
A. Pengertian Metode Ceramah

    Menurut Suryono
          Metode ceramah adalah Penuturan atau penjelasan guru secara lisan, di mana dalam      pelaksanaanya guru dapat menggunakan alat bantu mengajar untuk memperjelas uraian yang disampaikan kepada murid-muridnya.
Menurut Roestiyah N.K
Metode ceramah adalah Suatu cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keterangan atau informasi atau uraian tentang suatu pokok persoalan serta masalah secara lisan.
        Jadi dapat di simpulkan metode ceramah merupakan salah satu metode mengajar yang paling banyak digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode ceramah ini dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara langsung atau dengan cara lisan. Penggunaan metode ini sifatnya sangat praktis dan efisien bagi pemberian pengajaran yang bahannya banyak dan mempunyai banyak peserta didik.
Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dijalankan dalam sejarah pendidikan, oleh karena itu metode ini boleh dikatakan sebagai metode pengajaran tradisional karena sejak dulu metode ini digunakan sebagai alat komunikasi guru dalam menyampaikan materi pelajaran.

B. Kelebihan & Kekurangan Metode Ceramah dalam Pembelajaran

     Kelebihan Metode Ceramah
   1.Dapat menampung kelas besar, tiap siswa mempunyai kesempatan yang
       sama untuk mendengarkan, dan karenanya biaya yang diperlukan menjadi
       relatif lebih murah.
   2. Konsep yang disajikan secara hirarki akan memberikan fasilitas belajar
       kepada siswa.
   3. Guru dapat memberi tekanan terhadap hal-hal yang penting hingga waktu
      dan energi dapat digunakan sebaik mungkin.
   4. Kekurangan atau tidak adanya buku pelajaran dan alat bantu pelajaran,
     tidak menghambat terlaksananya pelajaran dengan ceramah.
       Kekurangan Metode Ceramah
1. Pelajaran berjalan membosankan dan siswa-siswa menjadi pasif, karena
    tidak berkesempatan untuk menemukan sendiri oleh konsep yang
   diajarkan. Sisawa hanya aktif membuat catatan saja.
2. Kepadatan konsep-konsep yang diberikan dapat berakibat siswa tidak
    mampu menguasai bahan yang diajarkan.
3. Pengetahuan yang diperoleh melaui ceramah lebih cepat terlupakan.
4. Ceramah menyebabkan belajar siswa menjadi “Belajar Menghafal” yang
   tidak mengakibatkan timbulnya pengertian.

C. Langkah-langkah penerapan metode cermah
            Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan
metode ceramah adalah sebagai berikut:
a. Langkah Persiapan
    Persiapan yang dimaksud disini adalah enjelaskan kepada siswa
    tentang tujuan pelajaran dan pokok-pokok masalah yang akan dibahas
   dalam pelajaran tersebut. Disamping itu, guru memperbanyak bahan
   appersepsi untuk membantu mereka memahami pelajaran yang akan
   disajikan.
b. Langkah Penyajian
    Pada tahap ini guru menyajikan bahan yang berkenaan dengan
    pokok-pokok masalah.
c.Langkah Generalisasi
   Dalam hal ini unsur yang sama dan berlainan dihimpun untuk
   mendapatkan kesimpulan-kesimpulan mengenai pokok-pokok masalah.
d. Langkah Aplikasi Penggunan
   Pada langkah ini kesimpulan yang diperoleh digunakan dalam
   berbagai situasi sehingga nyata makna kesimpulan itu. Namun perlu
   diketahui juga bahwa untuk menggunakan metode ceramah secara murni
   itu sukar, maka dala pelaksanaannya perlu menaruh perhatian untuk
   mengkombinasikan dengan teknik-teknik penyajian lain sehingga proses
   belajar mengajar yang dilaksanakan dapat berlangsung dengan intensif.

                                                                      BAB.III
                                                                   PENUTUP
A. KESIMPULAN

           Dari pembahasan diatas dapat di simpulkan metode ceramah merupakan salah satu metode mengajar yang paling banyak digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode ceramah ini dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara langsung atau dengan cara lisan. Penggunaan metode ini sifatnya sangat praktis dan efisien bagi pemberian pengajaran yang bahannya banyak dan mempunyai banyak peserta didik.
          Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dijalankan dalam sejarah pendidikan, oleh karena itu metode ini boleh dikatakan sebagai metode pengajaran tradisional karena sejak dulu metode ini digunakan sebagai alat komunikasi guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
Metode ceramah memiliki kelebihan dan kekurangan
Langkah-langkah penerapan metode ceramah:
a. Langkah Persiapan
b. Langkah Penyajian
c. Langkah Generalisasi
d. Langkah Aplikasi Penggunan

B. SARAN
         Sebaiknya dalam proses belajar mengajar yang dilakukan disekolah tidak hanya monoton pada satu metode pembelajaran saja yang digunakan. Karena, jika metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka hal tersebut justru akan mempersulit siswa dalam memahami suatu ilmu yang telah diberikan oleh gurunya. Selain itu, jika metode pembelajaran yang digunakan hanya monoton pada satu metode pembelajaran saja, maka dimungkinkan para siswa akan bosan dengan hal tersebut. Jadi, sebagai seorang guru kita diwajibkan untuk selalu inovatif dan selalu dapat menyesuaikan setiap mata pelajaran dengan metode pembelajaran yang akan digunakan di dalam kelas. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar guru dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswanya tanpa meninggalkan tujuan utama dari suatu pembelajaran.


                                                       DAFTAR PUSTAKA

Suryono, dkk, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, (Cet. I;Jakarta: Rineka Cipta, 1992), h. 99
Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), h. 137
Team Didaktik Metodik, Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM, (Cet. V; Jakarta: PT. Grafindo persada, 1995), h. 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar